FLASHCARD
Oleh:
Duwi Ratna Harianti (0371 13 002)
Kelas:
II-A
PENDAHULUAN
1.1
LATAR BELAKANG
Konsep pembelajaran
menuntut adanya perubahan peran guru. Sebaik-baiknya media yang digunakan dalam
pembelajaran adalah memiliki tingkat relevansi dengan tujuan, materi, dan
karakteristik siswa. Dilihat dari wewenang dan interaksinya dalam pembelajaran,
guru adalah orang yang paling menguasai materi, mengetahui tujuan yang harus
dibuat dan mengenali betul kebutuhan siswanya. Disinilah peran guru sebagai creator yaitu menciptakan media yang
tepat, efisien, dan menyenangkan bagi siswa.
Poster, diagram, bagan,
kartun, flipchart, dan flashcard merupakan sekian banyak jenis media grafis
yang cocok untuk Sekolah Dasar. Oleh sebab itu, tepat jika seorang guru mampu
membuat media minimal media grafis.
1.2
TUJUAN
Agar guru
mengetahui secara pasti kebutuhan untuk pembelajarannya, termasuk permasalahan
yang dihadapi siswa pada materi yang diajarkannya.
1.3
RUMUSAN MASALAH
Ø Apa yang
dimaksud dengan media flashcard?
Ø Bagaimana
cara pembuatan media flashcard?
Ø Apa saja
yang harus dipersiapkan pada saat penggunaan media flashcard?
Ø Bagaimana
cara menggunakan media flashcard?
Ø Apa saja
kelebihan dari media flashcard?
1.4
MANFAAT
Untuk membantu menstimulasi
otak anak, dan menjalin hubungan yang lebih akrab antara siswa dan guru karena
umumnya siswa akan lebih antusias mempelajari hal-hal baru dengan menggunakan
media yang menarik.
PEMBAHASAN
Flashcard adalah media pembelajaran
dalam bentuk kartu bergambar yang berukuran 25x30cm. Gambar-gambarnya dibuat
menggunakan tangan atau foto, atau memanfaatkan gambar atau foto yang sudah ada
yang ditempelkan pada lembaran-lembaran flashcard. Gambar-gambar yang ada pada
flashcard merupakan rangkaian pesan yang disajikan dengan keterangan setiap
gambar yang dicantumkan pada bagian belakangnya. Flashcard hanya cocok untuk
kelompok kecil tidak lebih dari 30 orang siswa.
Cara Pembuatan media flashcard
sangatlah mudah, berikut ini tahapan-tahapannya:
- Siapkan kertas yang agak tebal, contohnya seperti kertas duplek atau kardus. Kertas ini berfungsi untuk menyimpan atau menempelkan gambar-gambar sesuai dengan tujuan pembelajaran.
- Berikan tanda pada kertas tersebut dengan menggunakan pensil atau spidol dan menggunakan penggaris untuk menentukan ukuran 25x30cm.
- Potong-potong kertas tersebut dengan menggunakan gunting hingga tepat berukuran 25x30cm. Buatlah kartu-kartu sesuai dengan jumlah gambar atau materi yang akan ditempelkan.
- Selain itu, jika objek gambar akan langsung dibuat dengan tangan, maka kertas tadi perlu kita lapisi terlebih dahulu dengan menggunakan kertas HVS atau kertas karton.
- Mulailah menggambar dengan menggunakan kuas, pinsil warna, atau membuat desain dengan ukuran yang sesuai, kemudian tempelkan pada alas tersebut.
- Jika gambar yang akan ditempel memanfaatkan gambar yang sudah dijual ditoko-toko, maka selanjutnya gambar-gambar tersebut tinggal dipotong sesuai dengan ukuran kemudian ditempel menggunakan alat perekat lem kertas.
- Bagian akhir, beri tulisan pada bagian kartu-kartu tersebut sesuai dengan nama objek pada gambar. Misalnya dengan menggunakan bahasa indonesia, inggris, atau arab.
Pada penggunaan flashcard, ada beberapa hal yang perlu kita persiapkan, diantaranya:
Langkah-langkah
cara menggunakan flashcard, yaitu:
Setiap media yang kita
gunakan tentu saja memiliki kekurangan dan kelebihan. Semua itu bergantung
kepada bagaimana kita sebagai fasilitator kelas mampu menempatkan dan
menyesuaikan materi ajar dengan media yang akan kita gunakan. Pada media
flashcard ini, ada beberapa kelebihan yang ia bawa sebagai media pembelajaran,
diantaranya:
Menyenangkan, flashcard dalam penggunaanya dapat melalui permainan. Selain mengasah kemampuan kognitif juga melatih ketangkasan (fisik).
Praktis, dilihat dari cara pembuatan dan penggunaannya, media flashcard ini sangat praktis, dalam menggunakan media ini seorang guru tidak dituntut memiliki keahlian khusus. Tinggal mengusun urutan gambar sesuai dengan keinginan, pastikan posisi gambar tidak terbalik, dan jika sudah selesai digunakan simpan kembali dengan cara diikat atau menggunakan kotak khusus agar tidak tercecer.
Mudah diingat, karakteristik media flashcard adalah menyajikan pesan-pesan pendek pada setiap kartu yang disajikan. Misalnya tata cara berwudhu, mengenal nama binatang, buah-buahan, angka menggunakan bahasa inggris dan lain sebagainya. Sajian pendek ini akan memudahkan siswa untuk mengingat pesan pendek tersebut. Adanya kombinasi antara gambar dan teks cukup memudahkan dalam mengingat.
Mudah dibawa-bawa, ukuran yang kecil memudahkan untuk disimpan ditas bahkan disaku sehingga tidak membutuhkan ruang yang luas, dan sangat fleksibel karena dapat digunakan didalam kelas maupun diluar kelas
Menyenangkan, flashcard dalam penggunaanya dapat melalui permainan. Selain mengasah kemampuan kognitif juga melatih ketangkasan (fisik).
Praktis, dilihat dari cara pembuatan dan penggunaannya, media flashcard ini sangat praktis, dalam menggunakan media ini seorang guru tidak dituntut memiliki keahlian khusus. Tinggal mengusun urutan gambar sesuai dengan keinginan, pastikan posisi gambar tidak terbalik, dan jika sudah selesai digunakan simpan kembali dengan cara diikat atau menggunakan kotak khusus agar tidak tercecer.
Mudah diingat, karakteristik media flashcard adalah menyajikan pesan-pesan pendek pada setiap kartu yang disajikan. Misalnya tata cara berwudhu, mengenal nama binatang, buah-buahan, angka menggunakan bahasa inggris dan lain sebagainya. Sajian pendek ini akan memudahkan siswa untuk mengingat pesan pendek tersebut. Adanya kombinasi antara gambar dan teks cukup memudahkan dalam mengingat.
Mudah dibawa-bawa, ukuran yang kecil memudahkan untuk disimpan ditas bahkan disaku sehingga tidak membutuhkan ruang yang luas, dan sangat fleksibel karena dapat digunakan didalam kelas maupun diluar kelas
KESIMPULAN
Secara umum, dapat disimpulkan bahwa
media adalah bagian yang tidak terpisahkan dari proses belajar mengajar demi
tercapainya tujuan pendidikan, khususnya demi tujuan pembelajaran disekolah.
Sesuai dengan karakteristiknya, dapat
pula disimpulkan bahwa flashcard merupakan salah satu media grafis yang sangat
mudah diingat karena mengandung pesan-pesan pendek sehingga siswa dengan mudah
mencerna materi yang telah diterangkan.
It's a very nice article about multimedia flash card,
BalasHapushttp://fast-phrases.biz.pl/